Kamis, 29 Januari 2015

KONFIGURASI WEB PROXY PADA MIKROTIK

Assalamualaikum wr.wb pada kesempatan ini saya akan menjelaskan konfigurasi web proxy pada mikrotik ,sebelum nya kita akan mengetahui dahulu apa itu proxy ? Kata Proxy berasal dari bahasa Latin proximus, yang berarti dekat. Proxy server adalah sebuah server yang membantu kita untuk mempertahankan privasi kita dalam mengakses Internet. Saat kita mengakses Internet menggunakan proxy, web page yang kita kunjungi tidak akan dapat melihat kita. Web page tersebut hanya akan melihat proxy yang kita gunakan saja. Proxy server beroperasi sebagai berikut :
Client tersambung dengan proxy server, dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainnya. Proxy server kemudian mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filter nya. 


Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP address atau protocol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh filternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk client nya.
Proxy server dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan antara lain:
1.Untuk menyembunyikan server tertentu dari publik demi keamanan
2.Untuk mempercepat akses ke resources yang diperlukan
3.Untuk membuka situs-situs yang diblokir ditempat-tempat seperti sekolah, kantor, dan sebagainya.
4.Untuk melewati kontrol keamanan/parental
5.Untuk melindungi identitas saat sedang online Proxy server yang melanjutkan permintaan dan jawaban tanpa modifikasi biasanya disebut dengan gateway atau tunneling proxy.


 Sebuah proxy server dapat ditaruh di komputer client, atau di beberapa lokasi diantara client dan server-server yang dituju. Reverse proxy adalah sebuah proxy yang digunakan sebagai front-end, dengan maksud untuk mengontrol dan melindungi akses ke sebuah server atau private network. Biasanya reverse proxy melakukan hal-hal seperti load-balancing, authentication, decryption, atau caching.

Berikut adalah langkah-langkah dalam mengkonfigurasi web proxy pada mikrotik :
1.Pastikan bahwa winbox telah terinstal sebelumnya ,kemudian kita buka interface pada winbox tersebut :


  Tambahan : hapus settingan ip sebelumnya

2.Kemudian kita masukkan ip pada port yang terhubung pada mikrotik nya ,dengan cara IP > Address > +  dibawah ini terlihat  IP 192.168.100.1 telah terhubung.



3. Selanjutnya kita masukkan ip dhcp client nya ,dengan cara IP > dhcp client. Apabila berhasil maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :


 
  Tambahan : IP diatas secara otomatis ,diberikan oleh port yang terhubung pada switch.

   Coba kita lakukan PING pada IP 200.200.200.253 pada Command Prompt ,terlihat seperti dibawah ini :

      Tampilan diatas berfungsi untuk mengetahui bahwa IP tersebut telah terhubung pada konfigurasi ini. 

4.Pada tahap selanjutnya kita lakukan konfigurasi NAT ,berfungsi agar PC bisa akses keluar jaringan . Untuk konfigurasi NAT ini telah dijelaskana pada percobaan sebelumnya

5.Setelah semua selesai saat nya kita akan melakukan konfigurasi pada web proxy nya. Dengan cara klik IP > web proxy ,lakukanlah settingan seperti tampilan dibawah ini :



  Tambahan : jadi proxy ini mengalihkan port tujuan (port 80) ke port yang digunakan oleh proxy (port 3232)

6.Kemudian kita lakukan konfigurasi pada Firewall nya ,dengan cara : klik IP > Firewall (General) ,seperti tampilan dibawah ini :



  Tambahan : chain (dstnat) ,Protocol (tcp) ,Dst.Port(80) ,Interface(Client/port yang terhubung pada PC)


7.Selanjutnya klik juga Pada Firewall(Action) ,seperti tampilan dibawah ini :



8.Disini kita juga memasukkan IP statis nya dengan cara : control panel > network and sharing center > Change Adapter setting. Kemudian kita  klik kanan pada LAN > klik propertise ,maka akan keluar tampilan dibawah ini :

     
            Kemudian kita pilih TCP/IPv4 dari tampilan diatas ,lalu kita setting seperti dibawah ini :



 Tambahan :
a. Settingan IP ini diberikan sesuai dengna settingan langkah 2
     IP Address           : 192.168.100.100
     Subnet Mask        : 255.255.255.0
     Default Gateway  : 192.168.100.1

b. Untuk settingan DNS Server, isilah DNS Server sesuai dengan DNS Server Politeknik Caltex Riau.
     Preferred DNS server   : 172.16.30.1        (IP Jaringan Local 234 PCR)
     Altenative DNS server : 113.212.113.212 (IP Public PCR)

9.Kemudian kita akan melakukan settingan pada web proxy nya ,dengan cara klik IP > web proxy (klik Access > + ) seperti tampilan dibawah ini :


   Maka setelah itu akan muncul tampilan dibawah ini :


 Tambahan : settingan diatas berfungsi untuk blocking DNS dengan nama ganool. Inilah yang menyebabkan PC tidak dapat mengakses situs dengan nama ganool ,ini juga fungsi lain dari (Action = deny)

10.Setelah itu kita buka browser dengan nama situs yang telah terblock tadi (ganool.com) ,maka akan muncul tampilan dibawah ini :

 Terlihat situs tidak bisa diakses dengan nama ganool ,coba kita bandingkan sebelum kita block tadi : 


     Sebelum kita block situs dengan nama ganool ,masih bisa kita akses.

11. Disini kami melakukan settingan juga pada situs detik ,hal tersebut sama dengan percobaan diatas yaitu ( klik Access > + ) . PC tidak akan dapat mengakses situs dengan nama detik ,seperti tampilan dibawah ini :


   Dibawah ini merupakan settingan nya :




   Setelah itu buka buka browser dengan nama detik ,maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini (sebelum klik OK pada new web proxy rule ) :


Setelah kita klik OK ,terlihat situs tidak bisa diakses lagi (ERROR Forbidden)  :



  Tambahan : Pada settingan new web proxy rule ini ,dapat kita lihat perbandingan setelah kita klik OK / sebelum kita klik OK

  Demikian lah konfigurasi web proxy pada mikrotik ini ,tujuan percobaan ini adalah untuk menghindari suatu situs yang tidak bisa dipertanggung jawabkan agar si user tidak dapat mengakses situs tersebut. Semoga bermanfaat ,Terima Kasih !!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar